Saturday, July 16, 2005

stroberi..

SIAPA yang tidak kenal buah stroberi? Bentuk mungilnya dengan warna merah terang sungguh menggoda selera. Stroberi tidak hanya sedap dimakan, tetapi juga memiliki banyak manfaat. Inilah beberapa manfaat yang bisa Anda simak,
dikumpulkan dari berbagai sumber.

- Penelitian menunjukkan, stroberi kaya vitamin C. Dan yang terpenting, tingkat keasaman vitamin C-nya aman untuk lambung.

- Stroberi bisa dijadikan sebagai obat jerawat alami. Perlu diketahui,
hampir semua obat jerawat yang dijual di pasaran mengandung asam salisilat yang banyak dikandung stroberi. Karena itu, penggunaan masker stroberi akan sangat bermanfaat. Caranya, haluskan stroberi, campur dengan sedikit yoghurt, oleskan di wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.

- Riset menunjukkan, makan satu cangkir stroberi setiap hari bisa
menurunkan risiko berbagai jenis kanker. Di antaranya kanker leher rahim, payudara, kolon, dan tenggorokan.

- Khasiat stroberi tidak akan berubah, meski sudah diolah menjadi, jus, kue, ataupun selai. Riset membuktikan, roti bakar yang diolesi selai stroberi mengandung antioksiden 50% lebih banyak dibanding stroberi segar.

- Stroberi juga berguna untuk memutihkan gigi. Daripada menggunakan bahan kimia sebagai pemutih, lebih baik Anda mengunyah stroberi setiap hari. Selain gigi menjadi putih, bau mulut pun akan hilang.

- Kandungan stroberi juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit tubuh, karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Cobalah berendam dalam potongan buah stroberi, campur susu dan minyak zaitun. Gosok ke seluruh badan Anda, lihat hasilnya. Jika rutin dilakukan, kulit akan menjadi lebih halus, tidak kusam, dan tumit kaki tidak akan pecah-pecah.

- Para ahli mengatakan, stroberi juga berkhasiat meningkatkan kekuatan otak dan menjaga penglihatan tetap jernih. Manfaat itu bisa didapat jika Anda secara rutin mengonsumsi stroberi, paling tidak satu sampai tiga cangkir sehari. (Lin/M-1)

Copyright C 2003 Media Indonesia

0 Comments:

Post a Comment

<< Home